Kamis, 25 Oktober 2012

Pertemuan 5 RAGAM DIALOG

 

Pengertian dialog:
  1. Umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus   dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis
  2. IMK, dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.
Aturan dalam Perancangan Dialog :
  1. Pegang teguh konsistensi
  2. Sediakan shortcut bagi pengguna aktif
  3. Sediakan feedback yang informatif
  4. Sediakan error handling yang mudah
  5. Ijinkan pembatalan aksi
  6. Sediakan fasilitas bantuan (help)
  7. Kurangi beban ingatan jangka pendek
Karakteristik Umum Ragam Dialog:
  1. Inisiatif
    • Inisiatif oleh komputer; user memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh komputer
    • Inisiatif oleh user; user mempunyai sifat keterbukaan yang luas dalam artian user diharapkan agar dapat memahami sekumpulan perintah yang harus ditulis menurut aturan (sintaks) tertentu.
  2. Keluwesan
    Tidak hanya dilihat dari kemampuan sistem menyediakan sejumlah perintah-perintah yang memberikan hasil sama, tetapi bagaimana sistem dapat menyesuaikan diri dengan keinginan pengguna dan bukan sebaliknya
  3. Kompleksitas
    Keluwesan harus dibayar dengan kompleksitas implementasi yang tinggi, oleh sebab itu perlu pembatasan kompleksitas dengan cara TIDAK membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan karena tidak ada keuntungan darinya
  4. Kekuatan
    Didefinisikan sebagai jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh user. Aspek ini dapat berbenturan dengan aspek keluwesan dan kompleksitas
  5. Beban informasi
    Penyampaian informasi dalam dialog yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
  6. Konsistensi
    Suatu atribut yang dapat mendorong user mengembangkan mentalitas dengan cara memberikan semacam petunjuk untuk mengeksplorasi pengetahuan tentang pemahaman perintah-perintah baru dengan opsion yang sudah ada
  7. Umpan balik
    Kemampuan untuk memberikan informasi kepada user tentang proses yang sedang berjalan akibat adanya masukan yang dilakukan oleh user
  8. Observabilitas
    Sistem dapat berfungsi secara benar namun nampak sederhana bagi user
  9. Kontrolabilitas
    Sistem yang selalu dalam kontrol user. Dialog yang memiliki sifat ini harus memungkinkan user agar dapat menentukan:
    Dimana sebelumnya ia berada?
    Dimana sekarang ia berada?
    Kemana ia dapat pergi?
    Apakah pekerjaan yang sudah dilakukan dapat dibatalkan ?
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Zauhar Afifuddin © 2008. Design By: SkinCorner