Pertemuan 2 PENGENALAN IMK II
Waktu
demi waktu teknologi di dunia ini terus maju dan berkembang. Hal itu
disebabkan setiap individu diberi kebebasan untuk menciptakan dan
mengexplor sebuah karya (teknologi). Zaman sekarang penerapan teknologi
sudah di mulai pada usia dini. Contohnya pengguanaan Komputer ataupun
Laptop pada anak-anak Sekolah Dasar, dibandingkan dengan anak-anak SD zaman dulu penggunaan
teknologi semacam itu sangatlah minimaliz bahkan bisa di bilang tidak
ada. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pola pikir anak-anak pada
zaman sekarang jauh lebih pesat dibanding anak-anak zaman dulu.
Permasalahan Yang Muncul :
- Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna.
- Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi.
- Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan.
- Para pengguna berbeda dari sebelumnya.
- Para pengguna berbeda satu dengan lainnya.
- Para pengguna berbeda dari kita.
- Memiliki tampilan yang bagus.
- Mudah dioperasikan.
- Mudah dipelajari.
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut.
Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi
Aplikasi IMK
Bidang Study yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
- Perkantoran
- Kendali proses
-
Penerbangan
-
Komunikasi
-
Desain pekerjaan
-
Pelatihan/seleksi
Piranti Baru Pengembangan Sistem
► Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh
Apple pada pertengahan tahun 1980-an
► Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase,
Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
► Keuntungan:
§ Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi
lebih baik
§ Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan
lebih ekonomis untuk dipelihara.
Kesalahan Mendasar Programmer
►
Desain ini memuaskan saya, berarti juga
akan memuaskan setiap orang
►
Desain ini memuaskan rata-rata orang,
berarti juga akan memuaskan setiap orang
►
Manusia
begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat
memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya,
maka itu tidak akan menjadi masalah
►
Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian
produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan
penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
►
Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam
mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan
berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak
memerlukan tabel data
0 komentar:
Posting Komentar