Rabu, 24 Oktober 2012

Pertemuan 2 PENGENALAN IMK II

Waktu demi waktu teknologi di dunia ini terus maju dan berkembang. Hal itu disebabkan setiap individu diberi kebebasan untuk menciptakan dan mengexplor sebuah karya (teknologi). Zaman sekarang penerapan teknologi sudah di mulai pada usia dini. Contohnya pengguanaan Komputer ataupun Laptop pada anak-anak Sekolah Dasar, dibandingkan dengan anak-anak SD zaman dulu penggunaan teknologi semacam itu sangatlah minimaliz bahkan bisa di bilang tidak ada. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pola pikir anak-anak pada zaman sekarang jauh lebih pesat dibanding anak-anak zaman dulu.

Permasalahan Yang Muncul  :

  1. Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna.
  2. Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi.
  3. Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan.
  4. Para pengguna berbeda dari sebelumnya.
  5. Para pengguna berbeda satu dengan lainnya.
  6. Para pengguna berbeda dari kita.
Kriteria User Friendly :

  1. Memiliki tampilan yang bagus.
  2. Mudah dioperasikan.
  3. Mudah dipelajari.
  4. Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut. 
 Prinsip Kerja Sistem Komputer
  
Sistem IMK 
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)

Dimana:

HCIS = sistem manusia dan komputer
     h = subsistem manusia
    m = subsistem mesin
     e = subsistem lingkungan
     i  = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
     t  = waktu, lamanya interaksi terjadi
Aplikasi IMK
-   Perkantoran
-   Kendali proses
-   Penerbangan
-   Komunikasi
-   Desain pekerjaan
-   Pelatihan/seleksi
 
 Bidang Study yang Mempengaruhi Perkembangan IMK

 Piranti Baru Pengembangan Sistem
   Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
   Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
   Keuntungan:
§  Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
§  Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara.
Kesalahan Mendasar Programmer
   Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
   Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
   Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
   Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
   Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data

0 komentar:

Posting Komentar

 

Zauhar Afifuddin © 2008. Design By: SkinCorner